Tirakatan Hari Jadi yang ke-269 DIY

Rintan A 14 Maret 2024 10:20:13 WIB

NGESTIREJO (SIDA Samekta). Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar malam tirakatan untuk memperingati Hari Jadi DIY yang ke-269 di tahun 2024 dengan tema "Maju Sejahtera Berkelanjutan Dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan". Acara diselenggarakan di Bangsal Kepatihan Yogyakarta dan diikuti oleh seluruh kalurahan/kelurahan se-DIY di tempat masing-masing dan terhubung melalui zoom meeting. Pemerintah Kalurahan Ngestirejo sendiri melaksanakan tirakatan Hari Jadi ke 269 DIY di Balai Kalurahan Ngesirejo. Acara ini dilaksanakan di Balai Kalurahan Ngestirejo pada hari Selasa, 12 Maret 2024 dan dihadiri oleh Lurah Ngestirejo, Bamuskal Ngestirejo, Ketua LKD Kalurahan Ngestirejo, serta Pamong dan Staf Kalurahan Ngestirejo. Acara ini digelar dalam rangka merayakan hari jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke-269.

Malam tirakatan dimulai pukul 20.00 dikalurahan masing-masing dan terhubung melalui Zoom Meeting dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta. Semua peserta malam tirakatan mengenakan pakaian adat Jawa Gagrak Ngayogjakarta Jangkep dan acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, serta penyampaian sejarah Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Baha’uddin, S.S., M.Hum. Kemudian ucapan selamat untuk Hari Jadi DIY juga disampaikan oleh tiga kalurahan yang merupakan perwakilan, yakni Lurah Salamrejo, Sentolo, Kulonprogo, Lurah Canden, Jetis, Bantul dan Lurah Suryatmajan, Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur DIY yang mewakili Gubernur DIY mengajak semua peserta untuk mengaktualisasi makna Hari Jadi ke-269 DIY dalam bingkai keyogyaan. Tema Maju Sejahtera Berkelanjutan Dijiwai Kebudayaan dan Keistimewaan menjadi fokus, dengan semangat mencapai kemajuan melalui inovasi dan keadilan sebagai inti transformasi masyarakat. Gubernur menegaskan pentingnya mewujudkan eksosistem yang berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat sesuai dengan cita-cita Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan pemotonan tumpeng secara serentak, tumpeng yang merupakan simbol keberagaman dan keselarasan masyarakat DIY dalam menghadapi tantangan ke depan.

Selamat atas Hari Jadi Daerah Istimewa Yogyakarta yang ke-269. Mari bersama-sama bergandeng tangan membangun masa depan yang lebih baik, mempertahankan kearifan lokal, dan memperkuat rasa kekeluargaan dan kebersamaan di Kalurahan Ngestirejo.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung