Verivali DTKS Periode Tahun 2020

Rintan A 19 November 2020 09:45:34 WIB

NGESTIREJO (SIDA Samekta). Pendataan DTKS untuk preriode tahun 2020 telah dimulai. Setelah Bapak Adzan Muhari selaku Kamituwa Kalurahan Ngestirejo mengikuti acara Sosialisasi dari Dinas Sosial tentang Verifikasi dan Validasi DTKS 2020 pada hari Selasa, 10 November 2020, selanjutnya dilaksanakan sosialisasi pengisian Form  pendataan ke petugas pendata yang terdiri dari Dukuh dan Kader.

Sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul, untuk jadwal pelaksanaan verifikasi dan validasi (verivali) atau pendataan dilaksanakan pada minggu ke 3 sampai dengan minggu ke 5 di bulan November 2020. Setelah pendataan selanjutnya akan di entri oleh operator ke dalam aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS-NG).

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) adalah informasi tentang status sosial ekonomi dan demografi penduduk di Indonesia yang dihitung mulai dari yang paling rendah status kesejahteraannya. DTKS adalah berbasis Rumah Tangga namun pengalokasian program pengentasan kemiskinan baik berupa bantuan sosial maupun pemberdayaan masyarakat adalah berbasis keluarga dan perorangan. Adapun bantuan sosial dan pemberdayaan yang berbasis keluarga diantaranya adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Pangan. Sedangkan yang berbasis perorangan diantaranya adalah Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Nasioan (PBI-JKN), Kartu Prakerja, Kartu Indonesia Pintar serta bantuan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia.

Pada periode verivali November 2020 ini di Kalurahan Ngestirejo terdapat 130 Rumah Tangga yang harus di verval. Perbaikan Data DTKS di Kabupaten Gunungkidul telah rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk periode verivali terakhir di update tahun 2019.

Komentar atas Verivali DTKS Periode Tahun 2020

Admin 14 Juni 2023 08:54:15 WIB
Terima kasih, untuk saat ini verifikasi dan validasi data sudah melalui aplikasi SIKS-NG online, kak.
Hasri Anda 21 April 2023 13:21:50 WIB
Mantap informasinya...boleh minta share contoh Format Verivali... trims sebelumnya

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung