Wisata Alam

Rintan A 14 Juni 2017 11:22:05 WIB

  • Pantai 

a. Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan yang paling indah. Pantai Krakal merupakan salah satu pantai favorit. 

Pantai Krakal memiliki pasir putih yang membentang luas di bibir pantai, ombak yang menari nari, dan air laut yang jernih. Tepat di bibir pantai terdapat batu batu karang yang dihuni oleh ikan karang yang berwarna warni.

Di pantai ini wisatawan bisa bermain ombak ditepi pantai  dan bermain pasir. Selain bermain pasir, wisatawan juga dapat berjalan jalan ke tengah laut melalui batu batu karang. Batu karang ini selain digunakan untuk berjalan-jalan oleh wisatawan juga dijadikan tempat memancing oleh para nelayan. Para nelayan biasanya mencari spot yang tepat ketika hendak memancing di bebatuan karang ini.

Ada juga sebagian nelayan yang lebih memilih menyelam ketika mencari ikan. Dan jenis ikan yang umumnya diburu oleh para nelayan yang menyelam adalah Umbal. Umbal ini hidupnya tidak jauh dari pantai dan biasanya menempel di batu batu karang, sehingga keberadaannya sangat mudah untuk ditemukan. Dan ketika anda berkunjung ke Pantai Krakal, anda dapat menjumpai salah satu kuliner khas penduduk setempat, yaitu rempeyek yang sangat renyah dan gurih dan bahan dasar nya terbuat dari Umbal.

Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung ke pantai ini datang untuk berselancar. Bahkan pada momen momen tertentu juga banyak turis asing (baca: bule) yang meramaikan Pantai Krakal untuk berselancar. Umumnya para peselancar menuju batu batuan karang sebagai langkah awal start. Dari bebatuan karang inilah para peselancar menanti ombak yang disebut “Reef Break”, jenis ombak yang cukup ganas dan menantang. Namun untuk peselancar pemula sangat tidak disarankan untuk berselancar di ombak jenis ini.

Para peselancar harus sangat berhati hati ketika berselancar di pantai ini, mengingat di dasar laut dipenuhi dengan bebatuan karang. Satu hal yang sangat disayangkan jika anda penggiat surfing, yaitu tidak adanya tempat yang menyewakan papan selancar di pantai ini. Jadi wisatawan yang ingin surfing harus membawanya dari rumah.

Lokasi Pantai Krakal terletak Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari pusat kota Wonosari menuju pantai ini sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan baik mobil maupun sepeda motor, dengan akses jalan yang sudah bagus. Jika sebelumnya anda belum pernah mengunjunginya, anda tidak perlu bingung karena ada papan penunjuk jalan menuju pantai, dan anda tinggal mengikutinya saja.

b. Pantai Sarangan

 

Pantai Sarangan berderetan dengan Pantai Krakal, tepatnya terletak disebelah barat pantai krakal. Pantai ini di hiasi dengan pasir putih yang lembut, juga air laut yang biru nan bersih serta ombak yang tidak terlalu besar. Tempat ini sangat cocok untuk berburu foto dan menikmati keindahan sunset dan sunrise dari Puncak Giri Sarangan,

Dari Puncak Giri Sarangan kita bisa melihat seputaran pantai yang ada disini. Bukit sarangan ini sebenarnya adalah bukit batuan karst seperti yang banyak di jumpai di Gunungkidul, kemudian dirancang dengan sedemikian rupa hingga membentuk seperti landasan hellikopter. Disini para foto grafer bisa di manjakan dengan pemandangan yang luar biasa apalagi ketika sang surya mulai terbenam.

Jalan untuk menuju Bukit Sarangan ini sudah cukup bagus karena sudah di bangun conblock. Kita juga bisa membawa kendaraan kita untuk sampai atas bukit, namun hanya sepeda motor saja yang bisa dibawa ke atas karena jalan yang sempit.

Hampir sama dengan pantai krakal, fasilitas yang tersedia pun sudah lengkap. Sudah banyak warung, rumah makan, penginapan, toilet, parkiran, karena letaknya yang hanya bersebelahan dengan Pantai Krakal.

Untuk menuju ke pantai ini, dari pusat kota Wonosari dapat ditempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan, sengan jarak sekitar 20 km.

 

c. Pantai Siratan

d. Pantai Awar-Awar

 

e. Pantai Jugan Ondo

f. Pantai Nguluran

  • Goa

a. Goa Pak Warak

b. Goa Siratan

c. Goa Dangkures

d. Goa Tabuhan

e. Goa Kombo

f. Goa Jomblang

g. Goa Ngrapah

  • Gunung

a. Gunung Batu Ngegong

b. Gunung Picis

  • Pulau

Pulau Siratan

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung